Inter Modular Server

Intel Modular Server : Server Canggih tidak harus “Garang” & Rumit E-mail

Di tahun 2008 Intel telah merilis sebuah produk server yang spektakuler yaitu Intel Modular Server. Produk ini dibangun dari fitur yang disebut Intel Multi-Flex Technology, sebuah teknologi yang mengintegrasikan Server Unit, Storage Area Network (SAN), Networking dan Manajemen Modul, beserta pendukungnya dalam satu perangkat tunggal.

Idenya adalah menyatukan semua komponen server pada satu produk sehingga fungsi, operasi, utilisasi serta perawatan lebih simpel dan cepat. Pada dasarnya produk ini ditujukan untuk korporasi/institusi yang berencana meningkatkan jumlah server mereka, menambah fungsinya, plus menginginkan sebuah sistem server berharga terjangkau yang mudah digunakan.

Image

Dari sisi arsitekturnya yang unik, semua bagian-bagian dari perangkat ini dalam bentuk modul terpisah, tapi saling terintegrasi satu sama lain. Inilah kenapa dinamakan Modular Server, karena mirip dengan permainan “lego” dimana itemnya terdiri dari modul tertentu. Dengan dukungan fungsi hot-plug secara penuh, semua modul juga dapat dicabut dan dipasang dengan mudah (plug ‘n play). Beberapa diantaranya dapat dilakukan dalam keadaan server menyala aktif (power on).

Intel juga menyediakan sebuah software konsol manajemen berbasis graphics/web (Microsoft System Center Essential 2007). Untuk melakukan konfigurasi dan kontrol secara sederhana; cukup membuka browser Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Seorang administrator kantor bahkan dapat mengakses server secara remote melalui internet, sehingga dapat mengoperasikan server dari mana saja dan kapan saja.

Secara detail, sebuah modular mengandung spesifikasi dibawah ini :

  • Sebuah Chassis barebone yang dapat menampung 6 (enam) buah Server rackmount server sekaligus. Tapi server sudah dapat difungsikan dengan satu unit saja. Dengan adanya slot rackmount, server dapat ditambah (scale-out) kapan saja dibutuhkan.
  • Setiap server mengandung arsitektur Intel Server Board berbasis Dual Processor Intel Xeon 5000 series serta RAM DDR2 FBDIMM (dengan kapasitas maksimum 32 GB).
  • Slot modul yang terdiri dari 14 slot Storage (HDD) hotswap, 3 unit main & I/O Fan Module (kipas pendingin), 3 + 1 redundat power supply, storage control yang dapat menangani konfigurasi RAID kompleks, 1 unit modul manajemen serta 2 slot gigabit ethernet switch.
  • Perbedaan yang paling nyata antara Modular Server dengan server lainnya (misalnya Blade Server) adalah cara perangkat ini menangani fungsi penyimpanan (storage). Tidak seperti server umumnya, tiap unit server rackmount pada modular menggunakan sumber daya HDD bersama (sharing) sehingga jauh lebih aman dan hemat. Perangkat ini mengalokasikan 14 unit HDD SAS (Serial Attached SCSI) dengan kapasitas tidak terbatas. Setiap data yang tersimpan dapat dikonfigurasi menggunakan fitur RAID yang aman & cepat, tanpa perlu dipusingkan bagaimana cara server ini melakukannya.

    Kedengaran begitu mudah bukan ? Untuk tujuan itulah Modular Server dibuat, agar server tidak lagi terlihat “garang” dan rumit. Saat ini Intel Modular Server sudah dapat dipesan melalui dealer-dealer resmi Intel di seluruh Indonesia. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk ini, dapat mengunjungi web : http://www.intel.com/go/mft *Keterangan :pada paket penjualan dengan unit dasar, modular hanya menyediakan beberapa modul dan device saja. Pengguna dapat membeli bagian lainnya secara terpisah.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: